Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pesan Ketua Program Studi PGMI

Vina Febiani Musyadad, S.Pd., M.Pd.
Ketua Program Studi PGMI
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua. Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya, website Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dapat hadir di hadapan Bapak/Ibu sekalian.
Website ini kami hadirkan sebagai wujud komitmen Prodi PGMI dalam menyediakan informasi yang mudah diakses, transparan, dan akuntabel bagi seluruh stakeholder.
Melalui website ini, Bapak/Ibu dapat mengakses berbagai informasi terkait Prodi PGMI, antara lain:
- Profil Prodi: Visi misi, tujuan, kurikulum, staf pengajar, dan prestasi;
- Kegiatan Akademik: Perkuliahan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan kemahasiswaan;
- Fasilitas: Sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran;
- Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru: Jadwal pendaftaran, persyaratan, dan beasiswa.
Kami senantiasa berupaya meningkatkan kualitas website ini agar dapat menjadi sumber informasi terpercaya dan bermanfaat bagi seluruh pengunjung.
Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kemajuan Prodi PGMI.
Semoga website ini dapat menjadi jembatan silaturahmi dan media komunikasi yang efektif bagi seluruh stakeholder Prodi PGMI.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Visi Keilmuwan
Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai berikut:
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas.
- Meningkatkan produktivitas tenaga pendidik di bidang Tridharma Perguruan Tinggi.
- Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak untuk penerapan dan pengembangan Ilmu
pendidikan. - Membangun budaya kewirausahaan berbasis Islam.
- Menyelenggarakan sistem manajemen Program Studi yang sesuai dengan regulasi dan
kebutuhan stekeholder. - Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermartabat untuk menghasilkan lulusan
cerdas dan kompetitif dalam bidang Pendidikan Guru SD/MI Berlandaskan akidah Islam. - Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang humanis, kolaboratif, inovatif dan
kompetitif sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni dalam bidang
Pendidikan Guru MI/SD Berlandaskan Akidah Islam.
Tujuan
Tujuan untuk mahasiswa dalam konteks visi “Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini berlandaskan teori konstruktivistik yang Holistik-Integratif” dapat dirumuskan sebagai berikut:
- Menguasai Prinsip-prinsip Konstruktivistik:
Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai prinsip-prinsip dasar teori konstruktivistik dalam konteks pendidikan anak usia dini. - Menerapkan Konsep Holistik-Integratif:
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan aspek-aspek holistik (kognitif, sosial, emosional, dan spiritual) dalam merancang dan melaksanakan program pendidikan untuk anak usia dini. - Mengembangkan Materi Pembelajaran Kreatif:
Mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan materi pembelajaran yang kreatif, menarik, dan sesuai dengan prinsip konstruktivistik untuk mendukung perkembangan anak usia dini. - Memahami Nilai-Nilai Islam dalam Konteks Pendidikan:
Mahasiswa diharapkan memahami dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek pembelajaran, sehingga dapat membentuk karakter Islami pada anak usia dini. - Mengembangkan Keterampilan Pengajaran yang Interaktif:
Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan pengajaran yang interaktif, memfasilitasi pembelajaran aktif, eksplorasi, dan kolaboratif sesuai dengan prinsip konstruktivistik. - Mendukung Pembelajaran Inklusif:
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif yang memperhatikan keberagaman dan kebutuhan individual anak usia dini. - Berpartisipasi dalam Pengembangan Kurikulum:
Mahasiswa diharapkan berkontribusi dalam pengembangan kurikulum yang sesuai dengan teori konstruktivistik dan kebutuhan anak usia dini. - Berperan Aktif dalam Masyarakat dan Sekolah:
Mahasiswa diharapkan berperan aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat dan sekolah yang mendukung pengembangan pendidikan anak usia dini berbasis konstruktivistik holistik-integratif. - Melakukan Penelitian dan Inovasi Pendidikan:
Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dan inovasi dalam konteks pembelajaran anak usia dini berlandaskan teori konstruktivistik. - Mengembangkan Kemampuan Evaluasi dan Peningkatan:
Mahasiswa diharapkan mampu melakukan evaluasi berkala terhadap efektivitas pembelajaran dan mengembangkan strategi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi. - Menjadi Pemimpin Pendidikan yang Etis:
Mahasiswa diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral dalam konteks pendidikan Islam anak usia dini, menjadikan diri mereka sebagai teladan bagi anak-anak dan masyarakat.
